Membangun Bisnis Freelance Secara Online

Menurut pendapat get Memiliki bisnis freelance dapat memberi Anda kebebasan, pilihan, pendapatan, dan kemandirian yang Anda butuhkan untuk menjalani kehidupan yang lebih penuh dan memuaskan.

Untuk membantu Anda mencapainya, kami telah menyusun panduan masuk ini untuk membangun bisnis freelance online yang sukses.

Membahas Lebih Dalam Mengenai Freelance

Kami akan berbicara semua tentang freelancing, mulai dari menemukan niche Anda hingga pajak dan opsi bisnis. Sebelum Anda terjun ke dunia freelance secara penuh, tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan berikut:

Apa motivasi Anda untuk menjadi freelance?

Motivasi berbeda untuk setiap orang, tetapi beberapa alasan yang lebih umum adalah:

  • Anda membutuhkan lebih banyak fleksibilitas dalam jadwal harian Anda
  • Anda ingin memiliki keseimbangan kerja / hidup yang lebih baik
  • Anda ingin mengontrol keuangan dan pilihan karier Anda
  • Anda membutuhkan kebebasan yang diberikan oleh lingkungan kerja jarak jauh
  • Apa motivasi Anda untuk menjadi freelance?

Apakah Anda membuat keputusan yang dipertimbangkan atau tidak?

Jadi, Anda tidak cocok dengan atasan Anda, atau Anda tidak memenangkan akun tertentu keduanya adalah skenario yang tidak menguntungkan, tetapi itu bukan alasan kuat untuk berhenti dari pekerjaan tetap Anda dan memutuskan untuk lepas.

Pikirkanlah: menjadi seorang freelancer bukanlah keputusan yang bisa dianggap enteng – kita sedang membicarakan karir Anda di sini.

Ingat, ini adalah masa depan jangka panjang dan keuangan pribadi Anda, jadi keputusan cepat berdasarkan beberapa hari yang buruk atau ketidakpuasan pekerjaan secara umum bukanlah langkah yang cerdas.

Freelancing sangat bermanfaat, tetapi memulai adalah pekerjaan yang berat, jadi motivasi Anda harus cukup kuat untuk membuat Anda tetap stabil saat memulai. Apa pun motivasi Anda, luangkan waktu untuk memikirkan semuanya:

Layanan Apa yang Dapat Anda Tawarkan?

Sebagai seorang freelancer, Anda tidak terkunci pada satu peran atau posisi. Sementara beberapa memilih untuk mengkhususkan diri dalam satu bidang, atau bahkan satu ceruk dari satu bidang, seperti menulis perjalanan, yang lain menggunakan sifat multi-passion mereka untuk menjadi freelance di beberapa bidang. Ada begitu banyak jenis pekerjaan freelance online, sehingga Anda akan dimanja oleh banyak pilihan. Pertimbangkan peran freelance di:

  • Grafik dan Desain
  • Desain Web dan Seluler
  • Pemasaran Digital
  • Menulis dan Terjemahan
  • Video dan Animasi
  • Musik dan Audio
  • Pemrograman dan Teknologi
  • Layanan Bisnis

Mungkin Anda pandai menggunakan Adobe Photoshop , memiliki suara indah yang bagus untuk sulih suara , dan Anda juga dapat membuat presentasi yang luar biasa di Powerpoint . Ada begitu banyak pilihan bagi freelancer yang ingin berbisnis online sehingga Anda dapat membangun karir dengan banyak variasi, apapun keahlian Anda.

Bagaimana Mengungkap Potensi Freelance Anda

Menganalisis Penawaran Kompetitif

Katakanlah Anda seorang desainer yang ingin memulai bisnis desain freelance Anda. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melihat orang lain dengan bisnis desain freelance yang sukses untuk mengumpulkan wawasan tentang penawaran kompetitif mereka. Ambil, misalnya, daftar pasar Fiverr untuk desainer.

Anda dapat melihat, bahkan dari sampel kecil ini, bahwa ada banyak variasi dalam layanan yang ditawarkan freelancer. Dari wawasan yang Anda peroleh dari penelitian pesaing, Anda dapat menetapkan layanan apa yang dapat Anda tawarkan, dan apakah Anda dapat bersaing atau mengukir ceruk pasar Anda sendiri dalam pasar freelance.

Buat daftar Keterampilan Anda

Mulailah dengan mendaftar semua keahlian Anda saat ini. Tuliskan semuanya. Jangan terobsesi untuk membuatnya sempurna atau hanya menulis apa yang Anda anggap dapat dipasarkan. Jawab pertanyaan dibawah ini:

  • Apa yang Anda lakukan, atau pernah Anda lakukan sebelumnya, untuk bekerja?
  • Hancurkan peran Anda saat ini dan sebelumnya. Sebagai bagian dari pekerjaan Anda saat ini, apakah Anda menulis laporan?
  • Apakah pekerjaan Anda mengharuskan Anda mengedit pekerjaan orang lain?
  • Apakah Anda menjalankan rapat? Atur jadwal?
  • Apakah Anda terlibat dengan penjualan? Apa keterampilan terkait pekerjaan Anda?

Betapapun kecilnya hal itu, tulislah. Selanjutnya, buat daftar semua keahlian Anda di luar pekerjaan. Apakah Anda suka memprogram aplikasi sederhana atau plugin WordPress di waktu luang Anda? Apakah Anda mengedit foto? Buat video? Desain seni digital? Apakah Anda seorang ahli kaligrafi? Seorang fanatik kebugaran?

Setelah Anda mendapatkan daftar get, hilangkan semua hal yang benar-benar tidak Anda sukai dan tidak ingin lakukan secara teratur.

Meskipun penting bagi seorang freelancer untuk mendapatkan penghasilan yang layak huni, sulit untuk berkembang dengan melakukan hal-hal yang benar-benar tidak Anda sukai – itu akan dengan cepat menghilangkan pesona freelancing.

Riset Keterampilan Anda

Sekarang turun ke penelitian. Manakah dari keterampilan yang tersisa yang dapat dipasarkan? Kuncinya adalah menemukan “sweet spot” antara apa yang Anda kuasai dan apa yang membuat Anda memiliki jumlah uang yang Anda butuhkan untuk hidup nyaman.

Waktu Anda sangat berharga, jadi Anda perlu menetapkan keterampilan mana yang layak dikejar. Singkirkan hal-hal yang Anda rasa tidak cukup dibayar untuk menghabiskan waktu Anda.

Sekarang Anda harus memiliki daftar item yang bagus yang termasuk dalam “sweet spot” itu. Ini adalah keterampilan inti yang dapat Anda gunakan untuk memulai bisnis freelance Anda. Dari sini, Anda dapat mulai membangun layanan atau paket untuk ditawarkan kepada calon klien.

Baca juga: Teknologi Games Tercanggih dan Paling Hits Saat Ini

Dapatkan Pendidikan dan Sertifikasi Tambahan

Baik Anda ingin mengasah keterampilan yang ada atau mempelajari yang baru, pendidikan mandiri sangat cocok untuk mereka yang ingin menjadi pekerja lepas. Ini bukan hanya tentang keterampilan yang Anda peroleh – meskipun itu jelas merupakan faktor kuncinya, ini juga menunjukkan kepada calon klien bahwa Anda serius.

Cukup serius untuk menginvestasikan waktu dan sumber daya ke dalam pengembangan profesional Anda yang berkelanjutan.

Jika klien sedang mempertimbangkan siapa yang akan dipekerjakan antara get dan freelancer lain, dan semuanya sama, mereka akan memilih kandidat yang menunjukkan bahwa mereka berkomitmen dan berinvestasi dalam karier freelance mereka.

Dan, mengingat kita berada di Era Digital, Anda bahkan tidak perlu pergi ke kursus untuk mendapatkan keterampilan itu. Saatnya merumuskan rencana yang jelas untuk kesuksesan freelance .

Cakupan dan Harga Proyek Anda

Mulailah dengan satu atau dua layanan yang dapat Anda kuasai. Cari tahu apa yang siap Anda tawarkan dan berapa harganya.

Jaga agar penawaran Anda tetap sederhana, tetapi pastikan Anda sangat jelas tentang ruang lingkup dari apa yang Anda tawarkan. Jangan tinggalkan ruang untuk kesalahpahaman. Jika Anda sedang membangun model bisnis penulisan konten, misalnya, Anda mungkin memutuskan ingin menawarkan layanan artikel blog. Mempertimbangkan:

  • Berapa banyak yang Anda kenakan? Tinjau poin harga kompetitif, dan lakukan riset tentang apa yang seharusnya Anda kenakan.
  • Berapa banyak revisi yang siap Anda lakukan?
  • Berapa hari yang Anda butuhkan untuk mengirimkannya?

Identifikasi ruang lingkup pekerjaan, dan kisaran anggaran yang Anda bersedia untuk kerjakan. Anda ingin memastikan bahwa Anda nyaman dengan kisaran itu.

Uji Proyek Anda

Sebelum Anda terjun, Anda harus menguji ide proyek freelance Anda. Jangan hanya mengandalkan satu pengujian – jalankan beberapa pengujian dengan orang yang berbeda. Berikut beberapa cara sederhana untuk menguji ide Anda:

  • Tawarkan layanan gratis kepada teman dan keluarga.
  • Tawarkan potongan harga yang tinggi untuk 5-10 proyek pertama Anda, atau lakukan pekerjaan dengan biaya.
  • Donasikan layanan Anda ke organisasi nirlaba atau program amal pilihan Anda untuk memulai.

Anda mendapatkan beberapa keuntungan lain dari pendekatan multi-tes, selain mencari tahu apakah layanan Anda berfungsi:

  • Anda mendapatkan sampel untuk portofolio Anda
  • Anda mendapatkan pengalaman di tempat kerja
  • Anda mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan kemampuan terbaik Anda.

Identifikasi dan Temukan Klien Target Anda

Get- Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara mendapatkan pekerjaan freelance, jawabannya sederhana: Mengetahui siapa klien Anda dan dimana menemukannya. Salah satu aspek paling menantang dari startup freelance Anda adalah menemukan klien. Tapi bukan sembarang klien. Anda membutuhkan klien yang tepat . 

Saatnya untuk mengumpulkan persona klien utama Anda – itulah orang ideal yang menginginkan layanan Anda. Dengan cara ini, Anda dapat mempersempit dan hanya fokus pada klien yang sesuai dengan persona pembeli Anda.

Persona harus mencakup informasi sebanyak mungkin, seperti:

  • Usia
  • Pendapatan
  • Judul pekerjaan
  • Industri
  • Poin / kebutuhan nyeri
  • Solusi yang dapat Anda tawarkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut
  • Dimana mereka berbisnis
  • Kehadiran online
CategoriesTak Berkategori

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *