4 Alasan Facebook sebagai Media Promosi

4 Alasan Facebook sebagai Media Promosi

Facebook hanyalah salah satu media sosial, yang saat ini facebook sebagai media promosi berbagai ide bisnis online. Facebook diklaim sebagai pesaing media sosial Instagram yang juga menjadi primadona bagi para pelaku bisnis karena dapat juga dimanfaatkan sebagai media marketing digital yang efektif. Keduanya menawarkan keunggulan yang berbeda dalam hal efektivitas marketing. Peran followers pada akun Instagram, misalnya, sangat signifikan. Jumlah followers yang banyak sangat mempengaruhi kredibilitas dan juga berpotensi dalam meningkatkan jumlah targeted audience. Semakin banyak jumlah followers sebuah akun Instagram, semakin besar juga peluang untuk menjangkau targeted audience. 

Nah, untuk mencapai target jumlah followers, para pelaku bisnis online biasanya memanfaatkan jasa buy followers untuk menambah jumlah followers dalam waktu singkat. Dan biasanya hasilnya ampuh. Banyak pelaku bisnis yang mengaku puas dengan interaksi yang tercipta pasca bertambahnya jumlah followers Instagram mereka. Ini kemudian menjadi pembeda antara Facebook dan Instagram. Meski begitu, masih banyak pelaku bisnis yang setia dan tetap memilih Facebook sebagai bagian dari marketing digital mereka. Kira-kira alasan apa saja yang ada di benak mereka untuk terus memanfaatkan Facebook sebagai media mempromosikan produk, jasa, atau brand mereka? Berikut alasan Facebook sebagai media promosi. 

Alasan Facebook sebagai media promosi

Alasan Facebook sebagai media promosi

Facebook: Media Sosial paling Populer

Sebagai media sosial yang paling banyak pengguna yang berasal dari berbagai belahan dunia, Facebook tentu dikenal oleh ratusan juta orang. Jumlah pengguna yang mencapai ratusan juta ini tentu menjadi nilai plus bagi siapapun yang ingin mencoba pemasaran online via Facebook. Dengan menggunakan Facebook, akan ada banyak orang yang mengakses bisnis yang sedang dipromosikan di dalamnya. Misal, produk yang sedang Anda promosikan adalah standing pouch. Apalagi jika ajang promosi dilakukan dengan menggunakan fitur Fanspage. Akan ada banyak calon pembeli produk atau pemakai jasa.

Facebook: Media Promosi yang Murah, Accessible, dan Customized

Ketika berbicara soal bisnis, ada dua hal penting yang wajib menjadi perhatian, yaitu besaran biaya dan pemasukan yang diperoleh. Salah satu alokasi biaya yang harus dikeluarkan adalah biaya promosi yang mana biaya ini tidaklah sedikit. Namun Anda bisa menekan biaya promosi hanya dengan bermodalkan media sosial Facebook. 

Dengan memanfaatkan akun Facebook saja, Anda dapat melakukan promosi online secara gratis. Selain itu, promosi juga akan berjalan dengan mudah, cepat, dan pastinya tepat sasaran. Karena penggunanya sangat banyak, jangkauan potential customers Anda pun akan sangat luas. Bahkan hingga ranah global. 

Keunggulan lain dari promosi online via Facebook adalah Anda dapat dengan mudah memanfaatkan berbagai jenis kustomisasi akun Facebook Anda, yang mana hal ini relatif sulit diaplikasikan pada situs atau website yang biasanya rumit. 

Dengan sangat mudah, melalui akun Facebook, Anda dapat membuat sebuah fanspage yang nantinya bisa Anda gunakan sebagai ‘lapak’ pemasaran bisnis yang akan Anda rintis. Fanspage ini tentu saja dapat diatur sedemikian rupa agar sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. 

Baca juga: Jenis-jenis Cek dan Bagaimana Menggunakannya

Tetap Online 24 Jam, 7 Hari 

Lagi-lagi karena jumlah pengguna yang tinggi, Anda tidak akan kesulitan untuk mendapatkan customers yang sesuai dengan produk yang sedang Anda promosikan. Mempromosikan sebuah bisnis melalui Facebook memungkinkan kita Anda untuk terus aktif berjualan selama 4 jam 7 hari. Anda bebas menentukan jam operasional kerja Anda. Misal, dalam sehari, jam operasional yang berlaku mulai pukul 08.00-20.00 WIB. Di atas pukul 20.00, segala jenis pelayanan online di-non-aktifkan. Sistem berjualan semacam ini pastinya sangat ampuh untuk tingkatkan angka penjualan produk. Alhasil, keuntungan yang didapat pastinya juga akan sangat besar. 

Mudah Terhubung dengan Calon Customers

Dalam akun Facebook, Anda dapat menikmati fitur-fitur menarik pendukung bisnis online Anda. Salah satunya adalah fitur layanan interaksi yang memungkinkan adanya interaksi antara Anda dan para calon customers Anda. Fitur layanan interaksi ini bisa berupa kolom komentar, inbox, dan fitur live chat. 

Fitur-fitur interaksi ini membebaskan Anda dan calon customers Anda memiliki ikatan komunikasi. Dengan komunikasi yang terjalin dengan baik seperti ini, Anda dapat lebih mudah untuk berbagi informasi seputar produk atau jasa yang akan Anda tawarkan pada calon customers Anda. Hal ini pastinya akan menjadi poin plus bagi bisnis Anda di mata calon customers. Jika ternyata calon customers Anda pada akhirnya tertarik dengan produk atau jasa yang sedang ditawarkan, ia tak akan ragu untuk memberi testimoni positif tentang produk atau jasa Anda. 

Oh iya, masih terkait dengan fitur interaksi pada Facebook, cara Anda membalas interaksi calon customers juga sangat penting loh. Dengan cara berkomunikasi yang baik, ramah, dan informatif, tentunya para calon customers Anda akan merasa nyaman selama aktif mengakses fanspage bisnis Anda. Apalagi dibarengi dengan kualitas produk atau jasa yang unggul dan sesuai dengan ekspektasi calon customers. 

Tersedia Tools yang Mudah Dioperasikan

Coba perhatikan fitur-fitur yang ada di Facebook. Jika Anda termasuk orang yang cermat, masing-masing fitur dilengkapi dengan tools pendukung yang bisa Anda gunakan untuk bagian dari media promosi digital. Misal, tool untuk menentukan polling. Ada juga tool untuk berbagi gambar. Terakhir, ada tool yang dinamakan setting update status secara otomatis. Menarik, bukan?

Lain cerita jika Anda gunakan halaman fanspage. Anda dapat mengatur iklan dengan sangat mudah. Dengan beriklan di halaman fanspage, peluang untuk menggaet calon customers sebanyak-banyaknya akan jauh lebih besar dibandingkan dengan sebelumnya. Masih dengan fanspage, Anda juga dapat mempromosikan status-status Facebook Anda yang berisi penawaran khusus atau diskon sebagai upaya untuk menarik para calon customers. 

Langkah Bangun Bisnis Online via Facebook

Setelah mengetahui beberapa alasan Facebook sebagai media promosi di atas, langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mengaplikasikan promosi digital Facebook adalah membuat akun Facebook khusus untuk bisnis Anda. Kemudian dilanjutkan dengan membangun komunikasi dan interaksi dengan sesama pengguna Facebook, terutama para calon customers yang sudah menjadi teman di Facebook Anda. Usahakan tiap status yang Anda unggah mendapat respon yang positif dari banyak teman Facebook Anda. Jika responnya positif, segera lanjutan langkah berikutnya, yaitu promosi. 

Cara Optimalkan Promosi

Ada cukup banyak cara untuk optimalkan promosi untuk memulai peluang usaha yang di mulai. Salah satunya yaitu dengan memasang iklan semenarik mungkin. Cara lainnya adalah dengan memberi penawaran-penawaran khusus yang menarik hati para calon customers di Facebook. Ada juga dengan menampilkan halaman testimoni sebagai bentuk jaminan kepercayaan akan kualitas produk atau jasa yang sedang Anda promosikan. 

Bagaimana, tak sabar untuk segera mengaplikasikan beberapa cara di atas? Merintis sebuah bisnis online dengan menggunakan Facebook sebenarnya cukup mudah. Anda bisa langsung mengaplikasikannya tanpa harus belajar terlebih dahulu. Mungkin yang perlu Anda lakukan adalah memahami fungsi tiap fitur dan tool yang ada di dalam akun Facebook Anda. 

Demikian informasi singkat seputar alasan Facebook sebagai media promosi. Semoga informasi ini bermanfaat, terutama bagi Anda yang berminat merintis sebuah bisnis online. 

CategoriesTak Berkategori

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *