Kuliner Enak Khas Sulawesi Tengah!

Seperti yang kita tahu, diseluruh penjuru Indonesia ini, setiap daerahnya memiliki makanan khas nya masing-masing. Dan tentunya makanan tiap daerah enak untuk dinikmati.

Pada artikel kali ini kita akan membahas makanan khas Sulawesi Tengah. Santapan khas Sulawesi Tengah yang sangat fenomenal ini dapat membuat kalian penasaran.

Kuliner ini harus kalian coba sebab ada bermacam-macam sekali santapan dengan rasa yang unik. Sulawesi terkenal akan bahan makanan yang terbuat dari sagu.

Sagu di wilayah Sulawesi bisa diolah jadi bermacam- macam santapan serta cemilan yang lezat.

Terdapat banyak sekali menu santapan khas sulawesi tengah yang dapat kamu coba buat menikmati rasanya. Salah satu menu kesukaan merupakan sup kaledo serta pula onyop.

Tidak hanya itu masih terdapat banyak menu santapan yang dapat kamu coba kala berkunjung ke sulawesi tengah, antara lain berbentuk sagu, santapan, minuman serta pula cemilan ringan yang khas.

Nah berikut ini merupakan 4 kuliner enak khas Sulawesi Tengah

Santapan Khas Sulawesi Tengah

Sup Kaledo

Populer dengan rasa kuliner yang pedas serta asam, sup kaledo ini sangat menggambarkan santapan khas Sulawesi. Sup Kaledo ini berasal dari kota Palu yang mempunyai rasa fresh serta nikmat.

Sup kaledo ini banyak diminati oleh warga Sulawesi sebab rasanya yang pedas. Sup ini sendiri dibuat dari daging sapi serta pula sumsum tulang yang direbus sampai menciptakan kaldu.

Kuah kaldu yang kaya dengan rempah Sulawesi inilah yang menciptakan rasa fresh. Tidak cuma itu, sumsum daging sapi yang gurih sangat menaikkan nikmat sup kaledo ini.

Onyop

Onyop, nama yang unik bukan? Onyop merupakan semacam jenang pada warga Jawa. Tetapi di Sulawesi, santapan ini disajikan dengan kuah asam.

Onyop ini berbahan dasar sagu yang diuleni serta setelah itu dikukus. Santapan ini bertekstur kenyal serta dimakan bersama dengan kuah asam ikan. Kuah ini yang membagikan rasa pedas asam yang fresh.

Rasa asam dari kuah ini diperoleh dari irisan lemon. Irisan lemon yang diperas di kuah ikan setelah itu disajikan bersama onyop.

Baca juga: Membangun Bisnis Freelance Secara Online

Lalampa

Lalampa merupakan salah satu cemilan khas Sulawesi. Santapan ringan ini banyak ditemui di wilayah Sulawesi, tidak cuma di Sulawesi Tengah saja.

Santapan ini dibuat dari beras yang dicampur dengan ikan cakalang. Bisa jadi sekilas santapan ini mirip santapan khas Jawa Tengah. Lalampa ini dibungkus dengan daun pisang serta dimasak dengan metode terbakar.

Aroma khas ikan cakalang sangat menggugah selera. Metode memasak dengan api bakar serta dibungkus daun pisang sangatlah efisien. Tidak hanya itu rasa yang dihasilkan juga hendak berbeda dengan santapan yang dikukus.

Milu Siram

Santapan khas berikutnya merupakan milu siram. Nama yang unik ini bisa jadi menegaskan kita dengan santapan berkuah.

Memanglah benar, milu siram ini merupakan santapan semacam sup jagung. Santapan ini berasal dari jagung muda yang biasa pula diucap binte biluhuta.

Bahan utamanya memanglah jagung, tetapi milu siram pula diolah dengan kombinasi bahan yang lain. Umumnya milu siram disajikan dengan toping ikan ataupun udang sehingga lebih bergizi.

Milu siram ini pula mempunyai bermacam varian rasa semacam pedas, asin, serta manis. Jadi, buat rasa dapat disesuaikan dengan selera kita. Tidak hanya sehat serta bergizi, milu siram ini pula dipercaya buat merendahkan kolesterol.

CategoriesTak Berkategori

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *