Jenis Body Motor Dan Pengaplikasian Alat Press Body Motor

Jenis Body Motor Dan Pengaplikasian Alat Press Body Motor

Alat press body motor sering digunakan untuk memperbaiki body motor yang rusak karena kecelakaan atau terbentur benda keras. Penggunaan alat press ini cukup mudah dan tidak ribet sehingga membuatnya bisa mengepress body motor dengan cepat.

Biasanya alat press untuk body motor ini berupa mesin hidrolik. Namun penggunaan alat press tidak disarankan untuk kerusakan yang sudah fatal. Dibanding menambah risiko kecelakaan, Anda diwajibkan mengganti body motor dengan spare part yang baru.

Memang harganya mahal dibanding biaya service dengan alat press body motor berkualitas. Tapi langkah ini lebih disarankan karena tidak menimbulkan risiko. Nah, untuk mengepress body motor, ada baiknya mengenali jenis body motor terlebih dahulu. Berikut informasinya.

Bahan Body Motor Dari Fiberglass

Fiber atau fiberglass merupakan bahan yang paling banyak digunakan untuk body motor. Bahan ini sering ditemukan di body kita motor berukuran kecil hingga motor gede (moge). Pembuatannya sudah ada cetaan body kit karena tergantung ukuran motornya masing-masing.

Bagi yang sudah memiliki cetakan body kit biasanya tidak membutuhkan alat khusus. Jadi tinggal kreasi warna dan grafisnya saja. Alat press body motor bisa bekerja dengan baik ketika body motor ini rusak akibat kecelakaan.

Bahan fiberglass mempunyai level kualitas yang berbeda-beda. Jadi semakin tinggi kualitas body kitnya, maka harganya juga makin mahal. Ada informasi kelebihan dan kekurangan body motor berbahan fiberglass:

  1. Bentuk bodynya sangat tajam sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan
  2. Body motor ini cukup keras sehingga untuk membuat sudut memang rumit dan sedikit sulit
  3. Bobotnya juga lebih berat dibanding bahan body yang terbuat dari plastik. Pengaplikasian alat pressĀ  body motor termurah juga agak membutuhkan tenaga lebih karena bobot ini.

Bahan fiberglass ini tidak mempunyai pori sehingga harus punya keahlian jika ingin mengecet bagian body agar makin kinclong. Sayangnya, body motor ini punya cat yang juga mudah memudar. Untuk mengantisipasinya bisa memakai cat tambahan untuk body agar tambah awet.

Bahan Body Plastis ABS

Bahan material body motor ini terbuat dari plastis ABS. Kualitasnya lebih terjamin sehingga tidak mudah rusak serta kelenturannya jua baik. Biasanya body motor ini sering dikeluarkan oleh pabrikan karena lentur dan awet. Pengaplikasian alat press body motor juga lebih mudah.

Pembuatan body motor menggunakan bahan ini tidak boleh ditangani oleh orang yang belum berpengalaman. Masalnya setiap ujung harus benar-benar premisi. Untuk warna serta cat yang diaplikasikan di bagian ini lebih awet serta tahan lama. Belum lagi warnanya juga lebih kalem.

Ingat, body motor ini memiliki warna yang sangat standar sehingga agak monoton untuk motor modern seperti sekarang. Namun jngan khawatir karena Anda bisa saja melakukan cutting stiker ulang supaya tampilan makin keren. Gunakan juga alat press body motor terbaik saat bagiannya rusak.

Banyak yang bilang jika jenis body motor dari bahan plastis ABS ini sangat disarankan karena benar-benar berkualitas. Tapi tetap saja ada harga ada kualitas. Ya, harga plastiknya memang lebih mahal dibanding sebelumnya.

Trik Membedakan Body Motor Original Dan KW

Bagi yang merasa penggunaan alat press body motor tidak bisa menangani kerusakan body motor, biasanya Anda harus membeli body motor. Di pasaran ada beragam body motor, ada yang original dan ada juga yang KW. Agar tidak salah pilih, berikut trik membedakan keduanya:

  1. Body motor original lebih mahal

Body motor original selalu menggunakan bahan yang berkualitas tinggi dengan mutu terbaik. Tidak heran jika harganya juga cukup mahal di pasaran. Ini berbeda dengan body motor KW yang lebih murah.

Bahkan jika dibandingkan, Anda bisa mendapati perbedaannya hingga 3 kali lipat. Sebenarnya tidak ada masalah ingin menggunakan body motor original atau KW ketika pengaplikasian alat press body motor di Indonesia tidak bisa mengatasi kerusakanannya.

Namun kembali lagi, Anda juga harus memperhatikan awet atau tidaknya body motor tersebut. jika ada dana lebih, disarankan memilih body motor yang original agar lebih awet dan nyaman ketika digunakan.

  • Body motor original punya wujud yang sempurna

Langkah mudah untuk membedakan body motor original dan kw adalah melihat di bagian sisi, bentuk, ketebalan dan pengecatan masing-masing body. Body motor yang original pastinya punya bentuk yang sempurna dan tidak cacat.

Jadi jika alat press body motor tidak berhasil mengatasi kerusakan body, Anda harus perhatikan bagian body motor original ini jika ingin membelinya. Ini berbeda dengan body motor KW yang umumnya kurang rapi.

  • Body motor menggunakan bahan plastik ABS

Seperti yang telah disinggung sebelumnya jika body motor jenis ABS itu mahal. Dan biasanya jenis body motor ini dipakai di body motor original. Jadi, Anda bisa cek material bahan jika mencari body motor. Itu tadi jenis body motor serta pengaplikasian alat press body motor. Semoga bermanfaat.

CategoriesTak Berkategori

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *