Mengapa Sepak Bola Sangat Populer Di Dunia? Inilah 5 Alasan Paling Valid

Sepak Bola Sangat Populer

Sepak bola sangat populer di kalangan olahraga rakyat, begitulah istilah yang sering di dengar. Istilah tersebut sangatah tepat, karena olahraga ini bisa dimainkan oleh kalangan manapun. Tidak hanya orang kaya saja yang bisa memainkannya, orang miskin pun banyak yang gemar.

Karena hal tersebutlah,olahraga Sepak Bola Sangat Populer ini telah tercatat sebagai olahraga paling populer di dunia. Baik itu anak muda atau orang tua semua memainkannya. Baik itu di lapangan besar atau di jalanan tiap desa, semua orang memainkannya.

Inilah Alasannya Mengapa Sepak Bola Jadi Olahraga Paling Populer

Sepak Bola Sangat Populer
Gambar oleh Chuck Underwood dari Pixabay

Tentu pernah muncul pertanyaan mengapa bola menjadi olahraga yang disukai banyak orang hingga sedunia?. Pastinya terdapat alasan yang masuk akal dan valid. Berikut ini adalah beberapa alasan yang mendasari mengapa  bola jadi olahraga terpopuler di dunia;

1. Bisa Dimainkan Oleh Siapa Saja

Sepak bola dikenal sebagai permainan universal yang dapat dimainkan oleh semua kalangan masyarakat. Entah itu kaya, miskin, laki-laki, perempuan, anak kecil hingga orang tua semua bisa memainkannya. Tidak pula membutuhkan lapangan yang luas.

Gang sempit pun bisa jadi lahan permainan olahraga bola. Bola yang digunakan tidak harus mahal, bola yang terbuat dari plastik murah bisa membuat permainan jadi seru. Asalkan bisa ditendang dan dimainkan, maka permainan olahraga ini bisa dilakukan.

2. Mudah Untuk Dimainkan

Salah satu olahraga yang mudah dimainkan adalah sepak bola. Tidak membutuhkan banyak teknik dan cara yang rumit untuk memainkannya. Hanya perlu memainkan bola dengan seluruh tubuh, utamanya kaki dan kecuali tangan.

Memainkannya juga cukup mudah, hanya perlu menggiring, mengoper, menyundul dan menendang. Karena tujuan utamanya adalah mencetak gol sebanyak mungkin. Jadi teknik seperti di atas adalah modal dan keahlian yang paling diperlukan.

3. Bisa Dimainkan Kapan dan Dimana Saja

Alasan selanjutnya yang menjadikan bola menjadi olahraga terpopuler adalah karena bisa dimainkan kapan saja. Mau main pagi hari, siang hari atau malam hari tidak ada larangan. Saat cuaca panas atau hujan pun tidak ada masalah.

Tempat permainan olahraga ini tidak harus di stadion bola. Tempat permainannya bisa dilakukan dimanapun, baik itu di halaman rumah, sekolah, jalan atau tempat lainnya yang luas. Tempat permainan yang fleksibel ini membuat siapapun bisa memainkannya.

baca juga: 4 Alasan Facebook sebagai Media Promosi

4. Peraturannya Mudah Untuk Dimengerti

Layaknya olahraga yang lainnya, olahraga bola juga memiliki peraturan yang harus ditaati. Salah satunya adalah tidak boleh menggunakan tangan. Selain itu, peraturan penting lainnya sangat mudah dimengerti dan tidak membingungkan.

Sekalipun orang awam atau pemula mudah untuk memahaminya. Terpenting adalah dapat mencetak gol sebanyak mungkin ke gawang lawan. Tidak seperti olahraga yang lainnya yang perhitungannya kadang membuat bingung.

5. Jersey Custom Permainan Sederhana

Walau termasuk olahraga murah dan merakyat, olahraga bola  dalam permainannya diwajibkan untuk memakai seragam atau jersey. Jersey custom yang digunakan tidak mewah, asalkan nyaman digunakan. Biasanya jerseynya berupa kaos dan celana pendek.

Karena permainan olahraga ini dilakukan oleh dua regu, maka kostum yang digunakan antar regu harus berbeda. Setiap orang dalam regu, dalam kostumnya memiliki nomor sendiri-sendiri. Nomor ini diibaratkan sebagai tanda pengenal saat berada di lapangan.

6. Bola Bukan Hanya Permainan Otot

Sebagian besar orang masih berpikiran bahwa olahraga ini mayoritas mengandalkan kekuatan otot. Namun, pada dasarnya sepak bola adalah permainan yang sangat membutuhkan strategi tepat dan hebat untuk menang. Strategi ini paling penting.

Tanpa adanya strategi yang tepat, sebuah regu dalam permainan ini akan sulit untuk memperoleh kemenangan. Jadi, jangan heran apabila sebuah klub olahraga bola berani membayar mahal untuk pelatih yang memiliki strategi jitu. Karena olahraga ini tidak hanya permainan otot saja.

7. Tidak Membosankan dan Monoton

Siapapun yang memainkan atau melihat permainan olahraga ini pasti tidak akan merasa bosan. Hal ini dikarenakan teknik, gerakan, permainan dan strategi dapat dikembangkan dan divariasikan. Jadi, permainan ini terlihat tidak monotan dan semakin menarik.

Itulah beberapa alasan yang menjadikan sepak bola jadi olahraga terpopuler di dunia. Permainan yang merakyat ini bahkan telah menjadi olahraga favorit. Bahkan pertandingan paling akbarnya di dunia selalu ditunggu jutaan orang di dunia. 

CategoriesTak Berkategori