Jangan Panik, Berikut Alat-alat Sedot WC yang Harus Kamu Tahu

Daftar alat-alat sedot WC yang harus kamu tahu inisangat penting untuk diketahui dan dipahami. Pasalnya, saluran air atau WC yang mampet dapat terjadi pada waktu yang tak terduga. Selain menyebalkna, hal ini tentu akan menjadi kepanikan tersendiri.

Wajar, karena sebagian besar kebutuhan manusia berurusan dengan air, seperti mandi, mencuci piring, pakaian, maupun buang air besar atau kecil. Jika saluran mampet, maka aktivitas tersebut menjadi terhambat.

Daftar Alat-alat sedot WC yang Harus Kamu Tahu

Pernah buang air besar, tetapi kotoran sangat sulit dibilas? Benar-benar menjengkelkan, bukan? Jika sudah begini, barulah tersadar betapa pentingnya menjaga kebersihan, baik toilet, saluran air, maupun penampungan atau septic tank.

Sebagian besar masyarakat pasti akan otomatis berpikir untuk memanggil jasa sedot WC. Namun, ada alat-alat sedot WC yang harus kamu tahu dan dapat dipergunakan sebagai pertolongan pertama. Yaitu :

1. Gantungan Baju Kawat

Sebagai langkah penanganan pertama, gunakan gantungan baju yang terbuat dari kawat. Caranya, potong gantungan baju agar memanjang, lalu bentuk menyerupai pengait. Jangan lupa, berikan lapisan kain pada bagian ujungnya agar tidak merusak lapisan kloset.

Masukkan kawat ke lubang kloset, lalu sodokkan secara perlahan ke bagian dalam. Jika terasa ada sumbatan, berikan sedikit tenaga agar sampah tersebut hilang dan saluran air dapat kembali lancar. Alat-alat sedot WC yang harus kamu tahu ini cukup sederhana, kan?

Namun, jika dirasa cara ini masih sulit, belilah alat bernama plumbing snake. Penampilannya sangat mirip dengan gantungan baju yang dimodifikasi dengan cara di atas, hanya saja lebih lentur. Alat ini sangat cocok untuk mengatasi WC duduk yang mampet.

2. Selang Penyedot Debu

Alat-alat untuk sedot WC yang harus kamu tahu berikutnya adalah selang penyedot debu. Namun, pastikan selang penyedot debu tersebut memiliki ketahanan air yang baik atau anti air. Hal ini bertujuan agar selang berfungi maksimal dan mudah dibersihkan kembali.

Caranya, keringkan air yang ada di dalam lubang kloset. Jika masih banyak, tunggu sementara waktu sampai air menyusut. Sebelum mesin dinyalakan, tutup daerah di sekitar selang. Setelah itu, nyalakan mesin dan bersiaplah untuk menyedot isi kloset.

3. Alat Penyedot WC atau Plunger

Alat-alat sedot WC yang harus kamu tahu selanjutnya adalah plunger. Alat khusus penyedot WC ini memiliki ujung berbentuk bundar, tetapi agak runcing. Plunger dapat diperoleh di beberapa toko, baik secara online maupun offline.

Caranya, siram ujung plunger yang berbentuk bulat tersebut menggunakan air panas. Lalu, masukkan ke dalam lubang atau saluran air yang mengalami sumbatan. Cukup lakukan sekitar 15 sampai 20 menit, maka saluran air atau WC akan kembali lancar.

4. Betulkan Posisi Katup

Pada kloset duduk, aliran air yang mampet tidak hanya disebabkan oleh sumbatan kotoran saja. Namun, juga dapat dipengaruhi oleh posisi katup yang salah. Untuk mengatasinya, cukup dengan membetulkan posisi katup atau flipper menggunakan tangan terbuka.

Jika di dalam katup terdapat air, maka air tersebut tidaklah kotor (bekas kotoran atau tinja). Oleh karena itu, cukup bilas tangan menggunakan sabun sampai benar-benar bersih. Cukup mudah dan tidak perlu perjuangan besar untuk alat-alat sedot WC yang harus kamu tahu.

5. Memanfaatkan Produk Rumahan

Selain ragam alat-alat sedot WC yang harus kamu tahu, masih ada cara lain untuk mengatasinya. Salah satunya yaitu menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah. Berikut adalah beberapa bahan yang dapat digunakan :

  • Soda Kue, Cuka, dan Air Hangat

Siapa sangka, soda kue yang biasa untuk membuat kudapan ternyata juga dapat digunakan untuk mengatasi saluran air yang mampet. Caranya, masukkan cuka yang digunakan untuk memasak ke dalam lubang kloset sebanyak dua cangkir dan soda kue sebanyak satu cangkir.

Setelah itu, guyur dengan air hangat secukupnya, diamkan selama kurang lebih 10 jam. Cukup lama memang, tetapi hal ini bertujuan agar reaksi kimia dari bahan tersebut dapat optimal. Cara mudah ini cocok untuk mengatasi sumbatan akibat kertas, kapas, atau tisu.

  • Detergen atau Sabun Cuci Piring

Langkah praktis selanjutnya adalah menggunakan detergen atau sabun pencuci piring. Tuangkan detergen ke dalam saluran air, lalu siram menggunakan air hangat. Diamkan kurang lebih selama 15 sampai 20 menit, lalu siram lagi menggunakan air biasa.

  • Produk Pembersih Limbah

Selain bahan dan alat-alat sederhana sedot WC yang harus kamu tahu di atas, masih ada cara lain, yaitu menggunakan produk pembersih limbah. Produk ini bernama enzyme cleaner atau enzim yang dapat diperoleh di toko-toko khusus produk rumah tangga atau petshop.

Caranya, tuangkan cairan pembersih limbah ke dalam saluran air. Agar kinerjanya dapat maksimal, diamkan selama satu malam. Keesokan paginya dapat disiram menggunakan air bersih biasa.

Namun, jika semua alat-alat sedot WC yang harus kamu tahu tidak memberikan hasil, maka segera hubungi petugas yang berpengalaman atau jasa sedot WC Jakarta utara. Ingat, pastikan memilih perusahaan yang benar-benar mumpuni dan terpercaya. Semoga bermanfaat dan tidak panik lagi.

CategoriesTak Berkategori

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *